Senin, 04 Maret 2013

UAS BDP


1.      Jelaskan dengan kalimat anda sendiri apa yang dimaksud dengan :
a.       Pengertian belajar
b.      Hakekat pembelajaran dan belajar
c.       Prinsip-prinsip belajar

2.      Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang :
a.       Pembelajaran yang bermakna
b.      Konstruktivisme dalam pembelajaran

3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a.       Kapabilitas belajar
b.      Kondisi pembelajaran

4.      Hasil pembelajaran , lepas dari apakah ia berupa hasil yang diinginkan atau hasil nyata dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu ; keefektifan pembelajaran , efisiensi pembelajaran dan daya tarik pembelajaran. Jelaskan ketiga komponen tersebut !

5.      Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang prinsip-prinsip model elaborasi dalam pembelajaran !


Jawab :


a.       Menurut saya , belajar itu adalah suatu proses kemauan/keinginan untuk menjadi bisa menjadi seseorang yang berguna yang memiliki ilmu pengetahuan dimana diperlukan kerja keras , kedisiplinan , ulet , tekun , percaya diri yang nantinya akan membuahkan hasil ( seperti prestasi , usaha , dan sebagainya ) dan juga belajar itu merupakan langkah menuju kesuksesan dimana dalam kesuksesan itu tidak selalu berhasil tetapi ada kegagalan , dan dalam kegagalan ini kita akan mempelajari untuk memperbaiki lebih baik lagi dari pada sebelumya.

b.      Menurut saya , hakekat pembelajaran dan belajar itu dimana seseorang itu mau bertukar pikiran  , berbagi pengalaman/cerita dan bisa diajak berdiskusi dengan orang lain dimana ketika mereka berdiskusi mereka menemukan suatu hal yang baru , yang mana dari yang tidak tahu menjadi tahu dan mampu memahami serta menganalisis lebih lanjut dari apa yang telah ada.

c.       Prinsip-prinsip belajar
·         Memiliki kemauan/niat untuk berusaha
·         Positive thinking
·         Ada saatnya kita menjadi pendengar dan juga didengarkan yaitu mau saling terbuka terhadap sesama
·         Yakin serta percaya diri bahwa semua nya itu dapat ditempuh dengan keuletan , rajin , tekun dan hal lainnya yang kelak nanti kita akan berhasil dan tak luput untuk terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·         Aktif untuk bertanya kepada seseorang yang lebih tau ,
·         Efektif , kreatif , inovatif , efisien dalam hal apapun itu yang pastinya bermanfaat untuk kita dan bagi orang lain.
·         Motivasi yang kuat
·         Kita mau mengulang atau mengingat kembali pelajaran yang telah disampaikan
·         Kita sudah menyiapkan bahan untuk pelajaran yang selanjutnya , yang mana nantinya apa yang tidak kita pahami bisa kita tanyakan kepada guru
·         Dan selalu semangat , jangan mengeluh.


2.       
a.       Menurut saya pembelajaran yang bermakna itu merupakan suatu proses dimana siswa dan guru memiliki hubungan yang baik dimana dalam pembelajaran , guru dan siswa harus menciptakan sesuatu yang berbeda dari hari kemaren agar tidak ada kebosanan dan kejenuhan antara siswa dan guru. Tidak hanya menciptakan , tetapi kualitas yang ada dari guru dan siswa tersebut bisa dikembangkan dan memberikan pengaruh besar bagi orang lain yang membawa dampak positif dan juga peranan guru dalam mendidik siswa nya harus bisa mengubah perilaku yang tidak baik menjadi baik.
Pembelajaran yang bermakna bisa berarti juga bahwa siswa menyukai pelajaran tersebut , sehingga ia merasa itu adalah pembelajaran paling berarti yang mana ia bisa terlebih aktif dalam keinginan tahu nya yang besar.

b.      Konstruktivisme dalam pembelajaran menjadi landasan beberapa teori belajar dimana siswa dalam pembelajaran di kelas tidak hanya duduk menerima pelajaran , tetapi siswa berkembang , ilmu pengetahuan nya semakin banyak melalui teori dan praktek yang dialami nya sehingga ia bisa menganalisis dan membuat kesimpulan dari apa yang ia lakukan dan juga perubahan perilaku menuju baik , memiliki budi pekerti dan karakter yang baik.


3.       
a.       Kapabilitas belajar itu meyakinkan kapabilitas belajar siswa atau meyakinkan bahwa setiap siswa dapat belajar dan bahwa  setiap  siswa  melihat  dunia  melalui  kaca  mata  kulturalnya  sendiri  yang dapat meringankan  beban  masalahnya yang ada diluar lingkungan sekolah yang kemudian dibawa kesekolah dan meyakinkan siswa untuk memperbaiki prestasi yang  rendah  akibat malas belajar dan juga factor luar atau dampak negative yang ada pada dirinya bahwa dia mampu dan bisa merubah itu semua menjadi lebih baik lagi.

b.      Kondisi pembelajaran adalah kondisi dimana di kelas itu ruangan yang bersih , rapi , tertata indah sehingga siswa akan senang dan juga kondisi suasana pembelajaran yang bermakna , kreatif , efektif , aktif , inovatif , dan juga menyenangkan dimana nanti nya antara guru dan siswa saling menguntungkan dimana guru bisa mengajar dengan baik dan siswa bisa memahami dari apa yang guru ajarkan tersebut.







4.       
·         Keefektifan itu dimana siswa bisa menjawab soal atau evaluasi yang diberikan atau siswa mencapai target dari kompetensi yang ada , tetapi tidak hanya bisa menjawab , siswa itu mengingat , memahami serta mampu menganalisis dari apa yang guru katakana dan membuat argument sendiri berdasarkan data yang ada.
·         Efisiensi pembelajaran itu dimana guru dan siswa bisa menjalin kerja sama yang baik dimana keduanya akan bertemu pada satu titik yang akan menghasilkan kinerja yang baik. Dalam pembelajaran , guru dan siswa harus bisa tepat waktu , disiplin dalam mengerjakan hal apapun dimana nantinya akann mengubah sesuatu yang kurang baik menjadi baik.
·         Daya tarik pembelajaran itu dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik , dimana guru bisa membuat suatu hal dalam pembelajaran nya menjadi menarik , dimana siswa tidak akan bosan dan justru siswa akan aktif dalam pembelajaran tersebut dan juga siswa tidak hanya duduk mendengarkan , tetapi siswa juga dituntut untuk bisa membuat daya tarik pembelajaran yang menyenangkan membuat suatu gebrakan yang luar biasa dalam pembelajaran itu.

5.      Yang saya ketahui tentang prinsip-prinsip model elaborasi dalam pembelajaran
Disebutkan dalam Merril dan Twitchell juga Degeng, terdapat delapan prinsip dalam pembelajaran yang menggunakan teori elaborasi, yaitu:
a)      Initial Synthesis Principle
b)      Gradual Elaboration Principle
c)      Introductory Familiarization Principle
d)     Most Important First Principle
e)      Optimal Size Principle
f)       Periodic Synthesis Principle
g)      Periodic Summary Principle
h)      Type of Synthesis Principle.

Dari kedelapan prinsip tersebut , menurut saya
  1. Initial Synthesis Principle merupakan langkah pertama hal yang dilakukan dalam pembelajaran , dimana guru sudah menyiapkan kerangka apa yang harus diajarkan untuk besok.
  2. Gradual Elaboration Principle merupakan langkah kedua yang dilakukan dimana guru sudah mengajar materi-materi yang mudah kemudian masuk ke materi yang agak rumit
  3. Introductory Familiarization Principle merupakan langkah ketiga dimana guru mulai mengajukan pertanyaan apa yang sudah diketahui siswa dan apa yang belum diketahui siswa atau apa yang belum masih dia mengerti dari pelajaran tersebut
  4. Most Important First Principle ini siswa harus sudah bisa memahami materi yang diberikan agar ketika masuk ke materi selanjutnya siswa akan lebih mudah mempelajari nya
  5. Optimal Size Principle ini siswa sudah bisa melakukan praktek kerja lapangan , dimana siswa tersebut bisa menemukan sesuatu yang baru yang pastinya fakta dalam kehidupan yang mana nanti nya akan dia bagikan hal tersebut kepada guru dan teman kelasnya agar bisa saling membantu ketika dia menganalisis mungkin ada sesuatu yang janggal , maka dalam kelas itu bisa berdiskusi untuk mencari kejanggalan tersebut.
  6. Periodic Synthesis Principle ini bahan ajar yang ada ditambahkan lagi sehingga menjadi lengkap , nanti guru akan menjelaskan lebih lengkapnya lagi pada pembelajaran
  7. Periodic Summary Principle ini setiap siswa harus merangkum sedetail mungkin tetapi lengkap , mudah dan dipahami.
  8. Type of Synthesis Principle ini bahan ajar yang sudah ada , seperti buku. Jadi sebagai tambahan siswa untuk belajar.








































Kelompok kami tampil dengan judul
“Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, & Menyenangkan ( PAIKEM )
 di Sekolah”

Tugas makalah individu sudah diberikan langsung melalui flashdisk dengan judul
”KOMUNITAS BELAJAR DAN MEMOTIVASI SISWA SERTA PEMILIHAN DAN PENENTUAN STRATEGI PEMBELAJARAN”





UAS
Belajar dan Pembelajaran


Disusun Oleh :
NAMA                           : IKA YUNI PESPARANI
NIM                               : ACC 111 0045
PRODI                           : PENDIDIKAN KIMIA


UNIVERSITAS PALANGKARAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
TAHUN 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar