1.
Jelaskan
dengan kalimat anda sendiri apa yang dimaksud dengan :
a.
Pengertian
belajar
b.
Hakekat
pembelajaran dan belajar
c.
Prinsip-prinsip
belajar
2.
Jelaskan
apa yang saudara ketahui tentang :
a.
Pembelajaran
yang bermakna
b.
Konstruktivisme
dalam pembelajaran
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan :
a.
Kapabilitas
belajar
b.
Kondisi
pembelajaran
4.
Hasil
pembelajaran , lepas dari apakah ia berupa hasil yang diinginkan atau hasil
nyata dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu ; keefektifan pembelajaran ,
efisiensi pembelajaran dan daya tarik pembelajaran. Jelaskan ketiga komponen
tersebut !
5.
Jelaskan
apa yang saudara ketahui tentang prinsip-prinsip model elaborasi dalam
pembelajaran !
a.
Menurut
saya , belajar itu adalah suatu proses kemauan/keinginan untuk menjadi bisa
menjadi seseorang yang berguna yang memiliki ilmu pengetahuan dimana diperlukan
kerja keras , kedisiplinan , ulet , tekun , percaya diri yang nantinya akan
membuahkan hasil ( seperti prestasi , usaha , dan sebagainya ) dan juga belajar
itu merupakan langkah menuju kesuksesan dimana dalam kesuksesan itu tidak
selalu berhasil tetapi ada kegagalan , dan dalam kegagalan ini kita akan
mempelajari untuk memperbaiki lebih baik lagi dari pada sebelumya.
b.
Menurut
saya , hakekat pembelajaran dan belajar itu dimana seseorang itu mau bertukar pikiran , berbagi pengalaman/cerita dan bisa diajak
berdiskusi dengan orang lain dimana ketika mereka berdiskusi mereka menemukan
suatu hal yang baru , yang mana dari yang tidak tahu menjadi tahu dan mampu
memahami serta menganalisis lebih lanjut dari apa yang telah ada.
c.
Prinsip-prinsip
belajar
·
Memiliki
kemauan/niat untuk berusaha
·
Positive
thinking
·
Ada
saatnya kita menjadi pendengar dan juga didengarkan yaitu mau saling terbuka
terhadap sesama
·
Yakin
serta percaya diri bahwa semua nya itu dapat ditempuh dengan keuletan , rajin ,
tekun dan hal lainnya yang kelak nanti kita akan berhasil dan tak luput untuk
terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Aktif
untuk bertanya kepada seseorang yang lebih tau ,
·
Efektif
, kreatif , inovatif , efisien dalam hal apapun itu yang pastinya bermanfaat
untuk kita dan bagi orang lain.
·
Motivasi
yang kuat
·
Kita
mau mengulang atau mengingat kembali pelajaran yang telah disampaikan
·
Kita
sudah menyiapkan bahan untuk pelajaran yang selanjutnya , yang mana nantinya
apa yang tidak kita pahami bisa kita tanyakan kepada guru
·
Dan
selalu semangat , jangan mengeluh.
2.
a.
Menurut
saya pembelajaran yang bermakna itu merupakan suatu proses dimana siswa dan
guru memiliki hubungan yang baik dimana dalam pembelajaran , guru dan siswa
harus menciptakan sesuatu yang berbeda dari hari kemaren agar tidak ada
kebosanan dan kejenuhan antara siswa dan guru. Tidak hanya menciptakan , tetapi
kualitas yang ada dari guru dan siswa tersebut bisa dikembangkan dan memberikan
pengaruh besar bagi orang lain yang membawa dampak positif dan juga peranan
guru dalam mendidik siswa nya harus bisa mengubah perilaku yang tidak baik
menjadi baik.
Pembelajaran yang bermakna bisa berarti
juga bahwa siswa menyukai pelajaran tersebut , sehingga ia merasa itu adalah
pembelajaran paling berarti yang mana ia bisa terlebih aktif dalam keinginan
tahu nya yang besar.
b.
Konstruktivisme
dalam pembelajaran menjadi landasan beberapa teori belajar dimana siswa
dalam pembelajaran di kelas tidak hanya duduk menerima pelajaran , tetapi siswa
berkembang , ilmu pengetahuan nya semakin banyak melalui teori dan praktek yang
dialami nya sehingga ia bisa menganalisis dan membuat kesimpulan dari apa yang
ia lakukan dan juga perubahan perilaku menuju baik , memiliki budi pekerti dan
karakter yang baik.
3.
a.
Kapabilitas
belajar itu meyakinkan kapabilitas belajar siswa atau meyakinkan bahwa
setiap
siswa dapat belajar
dan bahwa setiap
siswa melihat
dunia melalui kaca
mata kulturalnya
sendiri
yang dapat meringankan beban masalahnya yang ada diluar lingkungan sekolah yang
kemudian dibawa kesekolah dan meyakinkan siswa untuk memperbaiki prestasi yang rendah akibat malas belajar dan juga factor luar atau
dampak negative yang ada pada dirinya bahwa dia mampu dan bisa merubah itu
semua menjadi lebih baik lagi.
b.
Kondisi
pembelajaran adalah kondisi dimana di kelas itu ruangan yang bersih , rapi ,
tertata indah sehingga siswa akan senang dan juga kondisi suasana pembelajaran
yang bermakna , kreatif , efektif , aktif , inovatif , dan juga menyenangkan
dimana nanti nya antara guru dan siswa saling menguntungkan dimana guru bisa
mengajar dengan baik dan siswa bisa memahami dari apa yang guru ajarkan
tersebut.
4.
·
Keefektifan
itu dimana siswa bisa menjawab soal atau evaluasi yang diberikan atau siswa
mencapai target dari kompetensi yang ada , tetapi tidak hanya bisa menjawab ,
siswa itu mengingat , memahami serta mampu menganalisis dari apa yang guru
katakana dan membuat argument sendiri berdasarkan data yang ada.
·
Efisiensi
pembelajaran itu dimana guru dan siswa bisa menjalin kerja sama yang baik
dimana keduanya akan bertemu pada satu titik yang akan menghasilkan kinerja
yang baik. Dalam pembelajaran , guru dan siswa harus bisa tepat waktu ,
disiplin dalam mengerjakan hal apapun dimana nantinya akann mengubah sesuatu
yang kurang baik menjadi baik.
·
Daya
tarik pembelajaran itu dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik ,
dimana guru bisa membuat suatu hal dalam pembelajaran nya menjadi menarik ,
dimana siswa tidak akan bosan dan justru siswa akan aktif dalam pembelajaran
tersebut dan juga siswa tidak hanya duduk mendengarkan , tetapi siswa juga
dituntut untuk bisa membuat daya tarik pembelajaran yang menyenangkan membuat
suatu gebrakan yang luar biasa dalam pembelajaran itu.
5.
Yang
saya ketahui tentang prinsip-prinsip model elaborasi dalam pembelajaran
Disebutkan
dalam Merril dan Twitchell juga Degeng, terdapat delapan prinsip dalam
pembelajaran yang menggunakan teori elaborasi, yaitu:
a)
Initial Synthesis Principle
b)
Gradual Elaboration Principle
c)
Introductory Familiarization
Principle
d)
Most Important First Principle
e)
Optimal Size Principle
f)
Periodic Synthesis Principle
g)
Periodic Summary Principle
h)
Type of Synthesis Principle.
Dari
kedelapan prinsip tersebut , menurut saya
- Initial
Synthesis Principle merupakan langkah pertama hal yang
dilakukan dalam pembelajaran , dimana guru sudah menyiapkan kerangka apa
yang harus diajarkan untuk besok.
- Gradual
Elaboration Principle merupakan langkah kedua yang dilakukan dimana guru
sudah mengajar materi-materi yang mudah kemudian masuk ke materi yang agak
rumit
- Introductory
Familiarization Principle merupakan langkah ketiga dimana guru mulai
mengajukan pertanyaan apa yang sudah diketahui siswa dan apa yang belum
diketahui siswa atau apa yang belum masih dia mengerti dari pelajaran
tersebut
- Most
Important First Principle ini siswa harus sudah bisa memahami materi yang
diberikan agar ketika masuk ke materi selanjutnya siswa akan lebih mudah
mempelajari nya
- Optimal
Size Principle ini siswa sudah bisa melakukan praktek kerja lapangan ,
dimana siswa tersebut bisa menemukan sesuatu yang baru yang pastinya fakta
dalam kehidupan yang mana nanti nya akan dia bagikan hal tersebut kepada
guru dan teman kelasnya agar bisa saling membantu ketika dia menganalisis
mungkin ada sesuatu yang janggal , maka dalam kelas itu bisa berdiskusi
untuk mencari kejanggalan tersebut.
- Periodic
Synthesis Principle ini bahan ajar yang ada ditambahkan lagi sehingga
menjadi lengkap , nanti guru akan menjelaskan lebih lengkapnya lagi pada
pembelajaran
- Periodic
Summary Principle ini setiap siswa harus merangkum sedetail mungkin tetapi
lengkap , mudah dan dipahami.
- Type
of Synthesis Principle ini bahan ajar yang sudah ada , seperti buku. Jadi
sebagai tambahan siswa untuk belajar.
Kelompok kami
tampil dengan judul
“Pembelajaran Aktif, Inovatif,
Kreatif, Efektif,
& Menyenangkan ( PAIKEM )
di Sekolah”
di Sekolah”
Tugas
makalah individu sudah diberikan langsung melalui flashdisk dengan judul
”KOMUNITAS
BELAJAR DAN MEMOTIVASI SISWA SERTA PEMILIHAN DAN PENENTUAN STRATEGI
PEMBELAJARAN”
UAS
Belajar dan Pembelajaran
Disusun Oleh
:
NAMA : IKA YUNI PESPARANI
NIM : ACC 111 0045
PRODI : PENDIDIKAN KIMIA
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
TAHUN 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar