Senin, 11 Maret 2013

THE KING ( THE MESSIAH ) ALLAH


THE KING ( THE MESSIAH )
ALLAH


Allah yang Maha Besar yang tidak mungkin bisa dimengerti keberadaan-Nya oleh akal pikiran kita yang kecil ini. Namun kehadiran-Nya dan karya-Nya dapat kita rasakan dan kita lihat. Di dalam kitab Ayub 11 : 7 Allah berfirman:
“ dapatkah engkau memahami hakekat Allah , menyelami batas-batas kekuasaan yang Maha Kuasa ?”
Allah hidup di surga dan Dia memerintah seluruh 
bumi , Allah berfirman kepada kita ; “beginilah Firman Tuhan , langit adalah tahta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku...”( Yesaya 66 : 1 )
“Allah memerintah sebagai raja atas bangsa-bangsa , Allah yang bersemayam di atas tahta-Nya Yang Kudus.” ( Mzm 47 ; 9 )

Tidak ada seorang pun yang bisa melihat Allah.
Kita akan memahami Allah dan juga memahami bagaimana cara Allah memerintah kita secara pribadi , tentunya pengenalan kita tidak sempurna.

Ada dua fakta mengenai Allah :
1.     Allah yang tidak dapat dipahami pada Ayub 11 : 7 seperti yang terdapat diatas dan pada Yesaya 40 ; 18 , “ Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah , dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia”
2.     Allah yang tidak dapat diketahui ,
Yoh 14 : 7 , “sekiranya kamu mengenal Aku , pasti kamu juga mengenal Bapa Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia”.
Yoh 17 : 3 , “ Inilah Hidup yang kekal itu , yaitu bahwa mereka mengenal Engkau , satu-satunya Allah yang benar , dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.”
I Yoh 5 : 20 , “ Akan tetapi kita tahu , bahwa anak Allah telah datang dan telah mengarunikan pengertian kepada kita , supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada didalam Yang Benar , di dalam Anak-Nya Yesus Kristus , Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.

A.   Siapakah Allah kita ?
1.     Allah adalah Pencipta Segala Sesuatu
“ Hanya Engkau adalah Tuhan ! Engkau telah menjadikan langit , ya langit segala langit dengan bala tentaranya dan bumi dengan segala yang ada di atasnya , danau dengan segala yang ada di dalamnya , Engkau memberi hidup kepada semua nya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu.” ( Neh 9:6)
“ Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggang ku , menenun aku dalam kandungan ibuku.” ( Mzm 139 : 13 )

2.     Allah berkuasa dalam segala sesuatu
“…..sebab siapa yang menentang kehendak-Nya….. ? apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah litany...?” ( Rm 9:19-21 ).
Ya Tuhan , punya Mulah kebesaran dan kejayaan , kehormatan , kemasyuran , dan keagungan , ya segala-galanya yang ada di langit dan di bumi !. Ya Tuhan , punya Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.”( I Taw 29:11)
“ Bagi Dialah , yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan , seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.” ( Ef 3:20)

3.     Allah mengetahui segala sesuatu
“ dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi dihadapan Nya , sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia , yang kepada Nya kita harus memberikan pertanggung jawab”( Ibr 4:13).
“…..Allah adalah lebih besar daripada hati kita serta mengetahui segala sesuatu” ( I Yoh 3 : 20 )

4.     Alla Maha Kudus
“ Tidak ada yang kudus seperti Tuhan , sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita”. ( I Sam 2:2)

5.     Allah adalah Roh
“ Allah itu dan barang siapa menyembah Dia , harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran”. ( Yoh 4:24)

6.     Allah adalah seorang pribadi yang dapat kita kenal
“ mendekatlah kepada Allah , dan Ia akanmendekat kepadamu”. ( Yak 4:8). “ Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada Nya dalam kesetiaan “. ( Mzm 145 : 18 )

7.     Allah adalah Bapa Maha pengasih
“Lihatlah , betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita sehingga kita disebut anak-anak Allah dan memang kita adalah anak-anak Allah”. ( I Yoh 3 : 1 )

Bukti bahwa Allah itu ada :
a.     Argumentasi Teleologis
Seluruh alam ini ditemukan secara mutlak adanya sesuatu tata tertib , keteraturan , harmoni , keselarasan dan tujuan tertentu.
“ Langit menceritakan kemuliaan Allah , dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan Nya “ ( Mzm 19 : 2 )

b.    Argumentasi kosmologis
Kosmos berasal dari bahasi Yunani yang artinya dunia. Bahwa segala sesuatu menjadi ada karena ada.
“ Sebab apa yang tidak nampak daripada Nya , yaitu kekuatan Nya yang kekal dan keilahian Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan , sehingga mereka tidak dapat berdalih.” ( Roma 1:20)

Bagaimana Mengenal Allah ?
a.     Wahyu Umum   : Ciptaan Nya , hati nurani , dan pribadi Allah yang tidak dikenal
b.    Wahyu khusus    : Alkitab dan Yesus Kristus.


Bukti ke tritunggal Allah
Kej 1 : 26 , kej 18:1-3 , Bil 6 :24-26 , Yoh 6 : 57 , Yoh 15;26.
Allah kita satu. Satu Allah tapi 3 pribadi.
B.   Kita adalah………..
1.     Ciptaan Allah ( Mzm 139:14-16)
“ Aku bersyukur kepada Mu oleh karena kejadian ku dasyat dan ajaib , ajaib apa yang Kau buat dan jiwaku benar-benar menyadari nya. Tulang-tulang ku tidak terlindung bagi Mu , ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi dan aku direkam di tempat yang tersembunyi , dan aku direkam dibagian-bagian bumi yang paling bawah; mata Mu melihat segali aku bakal anak , dan dalam kitab Mu semua nya tertulis hari-hari yang akan dibentuk , sebelum ada satupun daripadanya.”

2.     Milik Allah
“ Atau tidak tahukah kamu , bahwa tubuhmu adalah bait Roh kudus yang diam di dalam kamu , Roh kudus yang kamu peroleh dari Allah , dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri ? sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar , karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu !”. ( I Kor 6:19-20).

3.     Dipanggil untuk menyembah
“ Ya Tuhan Allah kami , Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa ; sebab engkau telah menciptakan segala sesuatu ; dan oleh karena hendak kehendak Mu semua nya itu ada diciptakan”. ( Why 4:11)

C.   Mengambil Keputusan
“ Yesus berkata , kasihilah Tuhan , Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu “. ( Mat 22;37)

Kita sebagai umat manusia harus mengambil keputusan dan komitmen untuk menyembah hanya kepada satu-satu nya yang benar dan menyerahkan kehendak kita , hidup kita , harta milik dan seluruh kehidupan kepada Nya ( Allah ).

Seringkali , orang-orang mempertanyakan tentang gambar Tuhan Yesus.
Gambar itu hanyalah gambaran Tuhan yang dilukis menurut pandangan manusia atau sebagai simbolis saja , bukan berarti itu adalah wajah Tuhan Yesus karena tak ada seorang pun yang bisa melihat Dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar